14 June 2015

Windows 10 RTM Resmi diluncurkan pada 29 Juli 2015

Microsoft akhirnya mengumumkan jadwal peluncuran Windows 10. Sistem operasi ini akan tersedia secara resmi di 190 negara pada 29 Juli 2015 mendatang.
Kepastian ini didapat dari pernyataaan pers Microsoft hari ini, Senin (1/6/2015).
Jika Anda menggunakan PC atau tablet Windows pada 1 Juni, berarti Anda melihat notifikasi baru Windows di bar tugas. Hari itu juga, Terry Myerson, salah-satu petinggi Microsoft memposting ke Blog Windows, bahwa Windows 10 akan tersedia pada 29 Juli. Tim Windows juga diposting beberapa video untuk menyorot semua fitur Windows 10.
Jika Anda mengklik pemberitahuan Windows itu, maka Anda akan ditujukan kepada sebuah dialog 5-slide singkat yang mengundang Anda untuk memesan upgrade gratis ke Windows 10. Setelah itu, komputer Anda akan men-download file sebesar 3GB untuk memperbarui sistem operasi.

Windows 10 bisa didapat sebagai upgrade gratis selama satu tahun bagi pengguna yang menjalankan sistem operasi Windows 7 dan Windows 8.1.
Microsoft juga mengumumkan, perangkat komputer dan tablet yang menjalankan Windows 10 akan mulai dijual pada 29 Juli. Sedangkan, perangkat lain dan smartphone berbasis Windows 10 baru akan tersedia akhir tahun ini.
Belum ada informasi harga Windows 10 bagi pengguna yang ingin menggunakan sistem operasi di perangkat komputer atau laptop.
Namun, situs Newegg sempat menampilkan harga dari seri Windows teranyar ini. Ada dua versi Windows 10 yang dijualnya, yakni Windows 10 Home dan Windows 10 Professional.
Dalam situs tersebut, Newegg menjual Windows 10 Home dengan harga 109 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 juta. Sementara itu, versi Professional dilabeli harga 149 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta.
Windows 10 sendiri merupakan sistem operasi yang benar-benar dirancang dari baru oleh Microsoft. Ia membawa beberapa perubahan, salah satunya kembalinya tombol Start khas Windows yang sempat hilang di Windows 8.
Selain itu, ada browser baru pengganti IE, yaitu Edge. Microsoft juga menjanjikan asisten berbasis suara Cortana yang lebih pintar di Windows 10.


EmoticonEmoticon